Para penggemar Hallyu Wave pasti sudah sering mendengar istilah-istilah seperti leader, main vocal, lead vocal atau visual melekat pada anggota KPop grup bukan? Umumnya memiliki anggota yang tidak sedikit, pembagian tugas dan posisi dalam KPop group memang menjadi hal yang penting.

Semua posisi tersebut memiliki tugasnya dan tanggung jawab masing-masing. Terdiri dari banyak member, maka leader menjadi sosok yang sangat vital untuk sebuah grup. Tidak bisa dipungkiri, posisi sebagai seorang leader lah yang memiliki tanggung jawab paling besar atas grupnya.

Jika menjadi seorang visual lekat dengan sebutan goodlooking dan anggota yang paling disorot dalam grup, lantas sudah tahukah kamu apa saja tugas penting seorang leader? Selain memimpin para anggota, ternyata leader juga masih memiliki tugas lain yang jarang diketahui penggemar lho. Kira-kira apa saja ya?

1. Memastikan anggotanya untuk selalu kompak
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol!
Tugas penting seorang leader adalah menjaga agar anggotanya tetap satu tujuan dan kompak. Seorang leader juga harus memastikan bahwa tidak ada gesekan dalam setiap anggotanya, karena apabila hal tersebut terjadi, maka tentu akan berdampak pada pencapaian grupnya.

Seorang leader juga berperan untuk mengayomi personel lainnya. Mereka dituntut harus dapat menentukan pilihan, mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak baik dilakukan grup. Walaupun leader adalah seorang pemimpin, namun tetap saja apapun keputusan adalah hasil diskusi bersama seluruh member.

2. Menjadi pengganti orangtua dalam grup
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol!
Menjadi seorang leader ternyata juga harus dapat berperan sebagai orangtua dan pelindung bagi member lainnya. Seorang leader harus mengenal betul satu persatu anggotanya, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk hal-hal yang personal sekalipun.

Menduduki posisi sebagai pemimpin juga berarti para leader harus menjadi telinga bagi anggota-anggotanya. Ia harus siap mendengarkan keluh kesah dari member lain, dan mengesampingkan dirinya sendiri.

Ya, lLeader akan memosisikan member lain diatas dirinya sendiri. Tak jarang, para leader kadang tak bisa leluasa mengungkapkan perasaan mereka karena mereka adalah pemimpin. Salut banget!

3. Berbicara mewakili grup
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol!
Tugas seorang leader selanjutnya adalah menjadi spokeperson bagi anggota-anggota lain. Sebagai pemimpin, mereka harus dapat berbicara mewakili grupnya, entah itu pada agensi, penggemar ataupun media.

Seperti jika menghadiri pers, maka sosok yang dicari pertama kali adalah leader. Mereka menjadi yang wajib memberi klarifikasi, memperkenalkan grup dan anggotanya, menjelaskan konsep album, memberi pidato saat memenangkan penghargaan, dan masih banyak lagi.

Lebih dari itu, leader juga dituntut mampu menjai penyambung lidah antara anggota grup dengan agensi. Karena bagaimanapun, anggota dalam grupnya belum tentu memiliki aspirasi yang sama dengan agensinya.

4. Mendorong seluruh member agar meraih kesuksesan
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol!
Seorang leader juga harus dapat memberi dorongan kepada anggotanya agar dapat meraih kesuksesan, baik secara solois ataupun atas nama grup. Leader yang baik merupakan leader yang akan memberi support kepada membernya untuk memperoleh prestasi gemilang.

Saat akan menjalani comeback, leader juga dituntu dapat mengumpulkan seluruh anggotanya agar dapat mendiskusikan konsep comeback dengan matang agar meraih kesuksesan dan apresiasi penggemar. Hal tersebut tentu tidak mudah, mengingat kebanyakan member pasti sangat sibuk dengan kegiatan masing-masing.

5. Bertanggung jawab atas hal teknis
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol!
Walaupun sudah ada manager, staff dan bahkan event organizer, bukan tidak mungkin leader juga harus dapat bertanggung jawab atas hal teknis di panggung. Dilansir dari allkpop.com, leader FT Island Jonghoon misalnya selalu datang ke stage sebelum semua member untuk memastikan tidak adanya malfungsi dari microphone ataupun lighting.

Itu membuktikan bahwa peran seorang leader memang besar, karena leader bertanggung jawab atas grupnya termasuk tentang performance yang sempurna.

6. Menjadi contoh bagi para anggotanya
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Tugas Seorang Leader KPop Idol! Sebagai seorang pemimpin, rasanya memang kita harus menjadi sosok yang pantas ditiru oleh anggota lain, apalagi kebanyak leader KPop grup dipilih karena merekalah anggota tertua di kelompoknya. Itu semakin membuat leader harus menjadi panutan bagi anggota lain dalam hal prestasi.

Tak jarang, seorang leader memegang peran ganda. Seperti Taeyeon Girls Generation, ia memegang posisi sebagai leader dan juga main vocal, juga menyanyikan banyak ost hingga digelari Queen of Sountrack.

Contoh leader lain yang patut dicontoh adalah G Dragon. Posisi G-Dragon dalam Bigbang justru lebih kompleks, yakni merangkap sebagai lead rapper, composer dan juga produser. Walaupun sulit, namun G-Dragon tetap mampu membuat Bigbang solid dan berprestasi.

Dan itulah beberapa tugas dari seorang leader KPop grup. Di balik kesuksesan sebuah grup pastilah ada peran penting para leader. Memang tidak mudah, tetapi salut dengan para leader KPop idol yang sukses membawa grup mereka ke puncak popularitas![Idntimes]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here