MONTMELO, SPAIN - JUNE 10: Pol Espargaro of Spain and Red Bull KTM Factory Racing leads Jonas Folger of Germany and Monster Yamaha Tech 3 during the MotoGp of Catalunya - Qualifying at Circuit de Catalunya on June 10, 2017 in Montmelo, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Tech 3 telah menggunakan motor YZR-M1 di kejuaraan dunia Grand Prix sejak 2001. Namun, tim balap Prancis itu membuat kejutan ketika mengumumkan perpisahan dengan Yamaha akhir musim ini.

Dan sekarang telah resmi dikonfirmasi, bahwa Tech 3 akan menjalin kerja sama dengan KTM dan menurunkan motor RC16 musim depan, menjadikan mereka tim satelit pertama pabrikan Austria itu di MotoGP.

“Kami sangat senang bisa bergabung dengan Tech 3 di MotoGP dari 2019 dan seterusnya,” tukas Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer.

“Tim ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dan mencapai banyak hasil bagus di kejuaraan. Struktur profesional mereka membuat kami lebih kuat.”

KTM debut pada kelas premier musim lalu, serta mampu menunjukkan performa mengesankan lewat duet Pol Espargaro dan Bradley Smith, yang mana tim menempati peringkat kelima dalam klasemen akhir pabrikan.

“Empat KTM RC16 di grid berarti satu langkah besar bagi kami, baik untuk pengembangan motor MotoGP dan memperluas struktur KTM di paddock, mulai dari ajang Red Bull Rookies Cup sampai ke MotoGP,” papar Beirer.

“Kami menantikan memulai kerja sama yang hebat dan saya berterima kasih kepada bos Tech 3, Herve Poncharal, untuk masa depan dan kepercayaan pada KTM.”

Ekspansi KTM dengan menurunkan empat motor MotoGP tentu menjadi dorongan bagi pembalap Moto2, Miguel Oliveira dan Brad Binder. Walaupun pabrikan Austria itu dan Tech 3 belum mengonfirmasikan rencana skuat pembalap seusai 2018.

Adapun, Tech 3 musim ini masih diperkuat Johann Zarco, yang mana pembalap Prancis itu akan ditemani Hafizh Syahrin, sebagai pengganti Jonas Folger.

Zarco sendiri merupakan pembalap paling menonjol sepanjang musim lalu. Debut di kelas premier ditutup dengan titel Rookie of The Year dan menempati peringkat keenam pada klasemen akhir. Ia juga masuk radar KTM musim 2019.[]

Sumber: Motorsport.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here