Bulan ini seluruh pecinta bulutangkis di berbagai belahan dunia akan terfokus pada Yonex All England Open 2018. Turnamen yang akan berlangsung di Arena Birmingham pada 14-18 Maret ini begitu dinanti karena diprediksi akan menyuguhkan pertandingan-pertandingan sengit dari para pebulutangkis papan atas.

Salah satu penampilan yang paling ditunggu adalah aksi dari pasangan ganda putra fenomenal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Tak dipungkiri bahwa bulutangkis Indonesia saat ini bertumpu pada Marcus/Kevin.

Bukan tanpa alasan, karena tahun lalu pasangan dengan julukan ‘Minions’ ini mencatatkan hasil yang begitu fantastis dengan merengkuh 7 gelar juara di ajang super series, termasuk All England Open 2017. Sebagai juara bertahan, tentunya Marcus/Kevin turut berpartisipasi di All England 2018 untuk mempertahankan poin yang diraihnya setahun silam.

Siapa sajakah lawan-lawan tangguh yang bisa menggagalkan ambisi Marcus/Kevin untuk kembali berdiri di podium tertinggi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Cheng Liu/Zhang Nan (China)
5 Pasangan Tangguh Calon Pesaing Marcus/Kevin di All England 2018
Cheng Liu/Zhang Nan merupakan ganda putra terkuat yang dimiliki Tiongkok saat ini. Pertemuannya dengan Marcus/Kevin pun selalu menghadirkan aksi-aksi yang memukau.

Meskipun pada pertemuan terakhir di Dubai World Super Series Finals 2017 dimenangkan oleh Marcus/Kevin dengan straight game, namun pasangan Juara Dunia 2017 ini tak bisa dianggap remeh. Sebab, Zhang adalah pemain sarat pengalaman yang bisa saja menggagalkan Minions untuk mempertahankan gelarnya.

2. Li Junhui/Liu Yuchen (China)
5 Pasangan Tangguh Calon Pesaing Marcus/Kevin di All England 2018
Satu lagi pasangan Tiongkok yang patut diwaspadai. Adalah Li Junhui/Liu Yuchen, ganda putra peringkat 3 dunia yang baru saja dipecundangi Marcus/Kevin di laga pamungkas Daihatsu Indonesia Masters 2018, Januari silam.

Kendati secara head to head Minions unggul jauh 6–1, namun pertemuannya dengan ‘The Twins Tower’ ini selalu ramai dan berakhir rubber game. Bahkan, beberapa kali kedua pasangan ini terlibat adu perang syaraf untuk menjatuhkan mental lawan.

3. Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang)
5 Pasangan Tangguh Calon Pesaing Marcus/Kevin di All England 2018 Kamura/Sonoda terkenal memiliki defend yang sangat kuat serta keuletan yang luar biasa dalam mengembalikan shuttlecock. Sikap pantang menyerah inilah yang membuat ganda putra nomor satu Jepang ini masuk dalam jajaran pemain elit dunia.

Dari tujuh kali laga melawan Marcus/Kevin, mereka mengantongi tiga kemenangan. Salah satunya mereka raih pada babak group stage Dubai World Super Series Finals 2017. Pada saat itu, Marcus menderita cedera otot leher yang sangat mengganggu penampilannya.

4. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Indonesia)
5 Pasangan Tangguh Calon Pesaing Marcus/Kevin di All England 2018 Duet ganda putra senior tanah air, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tak bisa dipandang sebelah mata. Kembalinya Hendra ke Pelatnas Cipayung menjadi tambahan amunisi squad ganda putra PBSI.

Meskipun usia keduanya tak muda lagi, permainan pasangan Juara All England 2014 ini masih sangat menakutkan. Kepiawaian Hendra di depan net dan smash keras Ahsan masih menjadi andalan pasangan ini untuk memenangkan setiap pertandingan yang mereka hadapi.

5. Mathias Boe/Carsten Mogensen (Denmark)
5 Pasangan Tangguh Calon Pesaing Marcus/Kevin di All England 2018 Jika menerka siapa lawan terberat dari Marcus/Kevin selama mereka berkarier, maka jawabannya adalah Boe/Mogensen. Bisa dikatakan bahwa ganda putra veteran Denmark ini yang paling sering menggagalkan ambisi Minions untuk menyabet gelar juara.

Secara skor pertemuan pun Marcus/Kevin tertinggal 3–4 dari peraih medali perak Olimpiade London 2012 ini. Boe/Mogensen menduduki peringkat 2 dunia, tepat satu strip di bawah Marcus/Kevin. Hal ini mengakibatkan kedua pasangan berada pada bagan undian yang berbeda di All England 2018. Dan jika berhasil melewati lawan-lawannya, mereka akan bertemu di laga final.

Kira-kira, mampukah Marcus/Kevin kembali membawa pulang trophy All England? Kita doakan saja yang terbaik buat punggawa merah putih.[IdnTimes]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here